Tema: Menjadi Manusia Paska

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa dan Sinode GKI Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Kebangkitan Kristus menjadi sumber pengharapan yang menjadi jendela untuk melihat kehidupan di masa mendatang. Meski kita berada di masa kini, namun karena kebangkitan, masa depan itu sudah kita alami. Penghayatan itulah yang menjadikan kita dipanggil menjadi manusia Paska, manusia berpengharapan. Demikianlah gagasan dasar tema Masa Paska 2021. Melalui tema “Menjadi Manusia Paska”, umat diharapkan menghayati peristiwa Tuhan Yesus untuk meneguhkan asa kehidupan. Sekalipun pandemi terasa kuat bagai maut yang siap melumat kehidupan, dunia yang dikasihi Allah mampu berjuang dan tetap memiliki harapan untuk memulihkan kehidupan bersama Kristus yang menderita, mati dan bangkit.

Karena bahan ini disusun di masa pandemi, suasana pandemi sangat terasa dalam karya-karya yang disusun oleh para penulis. Supaya umat dapat mengalami Kristus melalui bahan ini, kami mengharapkan supaya gereja-gereja yang memanfaatkan bahan ini mengolah sesuai konteks masing-masing. Contoh bahan yang dapat diolah seperti dalam bahan liturgi. Di situ senantiasa tertulis “Prosesi Lilin”. Apa maknanya? Saat ini di ada kebiasaan yang berbeda-beda di gereja-gereja terkait dengan prosesi lilin Prapaska. Ada yang menyalakan lilin, ada yang memadamkan lilin. Terkait hal itu, kami mempersilakan masing-masing gereja memilihnya. Tindakan-tindakan itu sangat mungkin diberi makna oleh gereja masing-masing dan tidak saklek. Secara umum, pemadaman lilin dalam Prapaska dihayati sebagai penyangkalan diri dan pengakuan dosa. Umat perlu merendahkan diri. Mematikan lilin sebagai bentuk mematikan ego dengan menghayati peristiwa Yesus di minggu-minggu Prapaska. Adapun penyalaan lilin berpijak pada penghayatan kematian Kristus dan pengorbanan-Nya bagi dunia. Lilin yang dinyalakan menerangi kegelapan meski habis karena meleleh. Di sini, umat diajak menghayati kehidupan yang rela berkorban dan melayani kehidupan. Itulah gambaran tentang bagaimana mengolah bahan Masa Paska 2021. Contoh lain adalah pengolahan bahan di masa pandemi di mana ibadah dijalankan secara online. Di bahan liturgi Minggu Paska Sore, kita dapat melihat contoh bahan liturgi yang dilakukan secara online. Di sini gereja diberi keleluasaan menggunakan bahan.

Bahan ini merupakan buah kerja team yang telah bekerjasama dengan baik. Mereka adalah:

  1. Pdt. Immanuel Adi Saputro – PWG Bapelsin GKJ
  2. Pdt. Neny Suprihartati – PWG Bapelsin GKJ
  3. Pdt. Darmanto Lemuel – DPG BPMSW GKI SW Jateng
  4. Pdt. Paulus Kristian M DPG BPMSW GKI SW Jateng
  5. Pdt. Yosef Krisetyo Nugroho – GKJ Wirobrajan
  6. Pdt. Agung Jatmiko – GKJ Wirosari Grobogan
  7. Pdt. Widya Nowo M. Nelwan – GKJ Salaman
  8. Pdt. Erni Ratna Y – GKJ Tengahan Kebumen
  9. Pdt Trombin Naftaliyus – GKJMoga – Pemalang
  10. Pdt. Tata Mira Dewi Istanti – GKJ Cepu
  11. Pdt. Dwi Argo M – GKJ Pekalongan
  12. Pdt. Yuliana Saragih – GKJ Kutoarjo
  13. Capen Mario Gunawan – GKI Kediri
  14. Sdri. Grace Devina – GKI Pajajaran Magelang
  15. Sdr. Yosua Booby Wijaya – Mhs FTh UKDW
  16. Pdt. Yosua Agung Nugroho Hadiusodo – GKI Pekalongan
  17. Pdt. Tohom Marison P – GKI Kebayoran Baru Jakarta
  18. Pdt. Veri Susanto – Pdt. RS Bethesda Yogyakarta

            Atas Kerjasama yang baik dalam penyusunan bahan ini, kami ucapkan terimakasih. Kepada kita semua, selamat menghayati kasih Allah melalui Masa Paska 2021

Awal November 2020

Salam kasih,

PPP LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng:

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Addi S. Patriabara

Pdt. Murtini Hehanussa

Masa Paska 2021_ms word, Ukuran: 1,4 MB (Downloaded: 25) Masa Paska 2021_pdf, Ukuran: 1,7 MB (Downloaded: 17)

Bagi bapak/ibu/saudara yang hendak memberikan apresiasi bagi bahan tersebut, dapat mengirimkan donasi melalui rekening LPP Sinode:

Rek. Giro BCA 6975405200 a.n. GKI SW Jateng QQ LPP Sinode

BRI Tiro No. 0029 01 000409 30 9 a.n. LPP Sinode
BCA 4560810836 atas nama BENING HADILINATIH DRA

atau scan QRIS LPP Sinode berikut ini:

QRIS BRI LPP SINODE