Tema: “Kehadiran yang Memulihkan”

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan
Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa dan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jawa Tengah kembali menyapa warga gereja/anggota jemaat melalui bahan Masa Aden Natal (MAN) 2019. Kami mengucapkan terima kasih kepada gereja/jemaat yang telah menggunakan bahan-bahan terbitan kami sebagai salah satu model ataupun acuan dalam menyambut masa raya gerejawi maupun merayakan Bulan Keluarga.

Bahan MAN kali ini mengambil tema “Kehadiran yang Memulihkan”. Tema ini dihayati dengan kasadaran penuh bahwa kita adalah makhuk berdosa yang membutuhkan kehadiran Sang Pemulih yaitu Yesus Kristus. Masa Adven kita hayati sebagai masa penantian kehadiran Sang Pemulih yang harus dilakukan dengan kesediaan melakukan pertobatan.

Kesadaran ini penting karena kita tengah diperhadapkan pada realita perjumpaan dengan “keterlukaan”. Oleh karena itu gereja juga perlu untuk berseru kepada Tuhan “pulihkanlah kami”. Seruan itu penting untuk membangun semangat mengampuni sebagai awal upaya berpulih.

Atas dasar semangat itu, LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng mengajak semua warga gereja/anggota jemaat untuk mengambil bagian, di manapun kita ditempatkan, untuk hadir sebagai agen pemulihan. Sebagai pemulih kita melandasi tindakan kita karena percaya kita telah merasakan pemulihan Allah dalam diri Yesus yang terlahir.

Bahan MAN ini tentunya perlu disesuaikan dengan kondisi gereja/jaat setempat sehingga warga gereja/anggota jemaat akan lebih mudah menghayati dan menghidupi semangat berpulih.

Untuk tersedianya bahan MAN ini kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kerja keras tim penulis yang terdiri dari:

  1. Pdt. Maria Puspitasari utusan PWG BAPELSIN GKJ XXVII
  2. Pdt. Hendrikus Agus Raharjo utusan DPG GKI BPMSW GKI SW Jawa Tengah
  3. Pdt. Andreas Tri Febriantoro (GKJ Klampok)
  4. Pdt. Elya Budirahardjo (GKJ Purwokerto Barat)
  5. Pdt. Yosafat Ari Wibowo (GKJ Cilacap)
  6. Pdt. Tri Agus Fajar Winantyo (GKJ Penaruban)
  7. Pdt. Debora Vivi Martiningastuti (GKI Bobotsari)
  8. Pdt. Theofanny Sutanto (GKI Gatot Subroto)
  9. Pdt. Dinna Dwi Putranti (GKI Banyumas)
  10. Pdt. Yulius Perdana Putera (GKI Ajibarang)
  11. Pdt. Dimas Aryo Yuwono (GKI Martadireja)

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Majelis Jemaat GKI Martadireja yang telah memfasilitasi tim dalam melakukan rapat penulisan bahan MAN. Melalui Masa Adven – Natal ini, kami berharap penghayatan iman warga gereja semakin bertumbuh dan menjadi berkat bagi sesama.  Semoga bahan ini menolong kita semua untuk menghadirkan semangat Natal yang memulihkan.

Yogyakarta, September 2019

PPP-LPP Sinode GKJ dan GKI Jateng

Pdt. Murtini Hehanusa

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Addi Soselia Patriabara 

Bahan Masa Adven Natal 2019 Indonesia (ms wrod), Ukuran: 7,8 MB (Downloaded: 342) Bahan Masa Adven Natal 2019 Indonesia (pdf), Ukuran: 4,0 MB (Downloaded: 209)