Tema: “Gereja Peduli Kebangsaan Indonesia

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan
Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa dan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Sahabat LPP Sinode yang terkasih,

Selamat Natal 2018 dan Selamat Tahun Baru 2019!

Dalam kesempatan yang berbahagia ini kembali kami mempersembahkan Buletin LPP Sinode bagi Anda. Buletin nomor 41 tahun 2018 ini mengambil tema “Gereja Peduli Kebangsaan Indonesia”. Tema ini sengaja dipilih karena kepedulian LPP Sinode terhadap situasi kehidupan berbangsa dan bernegara kita.

Kebangsaan kita sebagai orang-orang yang dari dahulu kala, dari zaman nenek moyang, hidup bersama dengan rukun beberapa tahun belakangan ini dirusak oleh kelompok orang yang memaksakan agama beserta budayanya. Mereka ingin menggantikan ideologi Pancasila dengan ideologi mereka. Ini adalah situasi genting yang harus dijawab oleh gereja!

Untuk itu LPP Sinode secara terus-menerus berupaya untuk mengajak gereja-gereja/jemaat-jemaat peduli terhadap kebangsaan Indonesia. Beberapa program yang ditahun 2018 telah dilaksanakan LPP Sinode menunjukkan kepedulian tersebut. Misalnya program Kursus Pancasila, Telaah Buku dengan judul „Demokrasi dan Sentimentalitas“, Buku Masa Adven Natal 2018 dengan tema „Damai Sejahtera di Bumi Pancasila“, sampai kepada persoalan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Namun sayang seribu sayang, kursus Pancasila dan Telaah Buku tersebut kurang diminati oleh gereja/jemaat. Tema Buku Masa Adven Natal juga mendapat tentangan dari beberapa kalangan. Sayang seribu sayang, kegentingan kondisi kebangsaan kita ini nampaknya belum ditangkap oleh semua elemen gereja/jemaat.

Kami berharap melalui buletin ini, kita diingatkan kembali kepada kebangsaan kita yang begitu kompleks. Tidak hanya meliputi relasi antar anak bangsa yang multikultur, namun juga relasi dalam keluarga. Bangsa ini bisa tegak berdiri ketika tiap keluarga di negeri ini juga bisa tegak berdiri. Oleh karena itu, bagian awal dari Buletin ini diisi dengan artikel kompilasi dua materi yang disajikan dalam Studi PWG yang bertema „Gereja Peduli KDRT“, yang diselenggarakan oleh LPP Sinode pada tanggal 24 November 2018. Selanjutnya, disajikan pula materi Telaah Buku dengan judul „Demokrasi dan Sentimentalitas, Dari “Bangsa Setan-Setan”, Radikalisme Agama, Sampai Post Sekularisasi.

Pada akhirnya perkenankanlah kami juga menyajikan kolom perkenalan dengan para pelayan Tuhan di LPP Sinode, informasi pelayanan yang telah dilakukan oleh LPP Sinode di tahun 2018, demikian juga rencana program tahun 2019. Kiranya informasi ini berguna bagi para Sahabat LPP Sinode dalam ikut ambil bagian dalam program-program tersebut, baik sebagai peserta program maupun sebagai donatur bagi gereja/jemaat yang ingin ikut program-program tersebut tetapi tidak mempunyai dana untuk membayar biaya kontribusi program. Untuk membantu gereja/jemaat yang kurang mampu tersebut, kami membuka kesempatan bagi Ibu/Bapak/Saudara untuk ikut ambil bagian dalam Sister Church Program: Training and Development for All melalui rekening kami:

 Rek. BRI Tiro no. 0029-01-000409-30-9 a.n. LPP Sinode

Rek. BCA no. 4560810836 a.n. Dra. Bening Hadilinatih

Jika Ibu/Bapak/Saudara berminat untuk mengikuti program-program pembinaan dan pengaderan yang diselenggarakan di tahun 2019, silakan menghubungi alamat atau nomor telepon yang dicantumkan dalam kolom tersebut.

Akhir kata, selamat membaca, selamat bertumbuh di dalam Kristus. Tuhan memberkati.

Yogyakarta, Desember 2018

Salam hangat dari kami,

  • Pdt. Wisnu Sapto Nugroho
  • Pdt. Addi Soselia Patriabara
  • Pdt. Murtini Hehanussa

Download

Buletin LPP Sinode ke 41 (ms word), Ukuran: 4,9 MB (Downloaded: 13) Buletin LPP Sinode ke-41 (pdf), Ukuran: 1,5 MB (Downloaded: 9)