Berbagi Ilmu ke-5 tahun 2023

Dilaksanakan pada hari Jumat, 29 September 2023

Pukul 17.00-19.00 WIB melalui zoom meeting

Kontribusi Peserta: Gratis/free

Kegiatan ini dapat disaksikan melalui youtube berikut:

https://youtube.com/live/fBb2LhQzmac?feature=share

Narasumber: DR. Pramudya, S.H., M.Hum.

Pendaftaraan kegiatan ini dilakukan dengan mengisi formulir berikut ini:

Kebijakan Publik di dalam ranah Lembaga Keagamaan

Gereja dalam pengertian Lembaga keagamaan, sering kali harus membuat kebijakan-kebijakan guna mengatur organisasinya. Namun sering kali pula kebijakan yang diambil menimbulkan kegelisahan di anggotanya/jemaatnya. Hal itu sangat mungkin terjadi, karena mengambil dan memutuskan kebijakan di dalam lembaga keagamaan adalah sama dengan kebijakan publik yang ditetapkan oleh pemerintah.

Di dalam bernegara dan bermasyarakat, pemerintah adalah pemegang otoritas sistem hukum yang harus menyelesaikan permasalahan sehari hari dari masyarakat. Di dalam lembaga keagamaan juga terdapat organisasi, dan pemimpin organisasi adalah pemegang sistem yang tidak berbeda jauh dengan pemerintah. Sedangkan jemaat adalah sama dengan masyarakat, yang mana berkumpul orang dan masing-masing orang mempunyai kepentingan-kepentingan walaupun dipersatukan dengan visi yang sama yaitu mengabarkan kasih Kristus.

Beberapa ahli kebijakan publik mendefinisikan kebijakan publik, adalah pemerintah melakukan segala sesuatu atau tidak melakukan dan menanamkan nilai-nilai secara paksa kepada masyarakat. David Easton dalam teori awalnya yang sederhana menggambarkan pengambilan kebijakan publik adalah dalam black box, yang mana di dalamnya berkumpul kepentingan-kepentingan dan output dari black box adalah peraturan, pidato-pidato dan pernyataan-pernyataan. Dari permasalahan dan pemahaman-pemahaman tersebut, muncul sebuah wacana bagaimanakah seharusnya kebijakan kebijakan lembaga keagamaan diambil dan diputuskan oleh pimpinan organisasi lembaga keagamaan tersebut? Bersama DR. Pramudya, S.H., M.Hum., Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode GKJ dan GKI SW Jateng mencoba menjawab permasalah  tersebut dengan mencoba membedah teori-teori kebijakan publik dalam program berbagi ilmu dengan tema:

”Kebijakan Publik di dalam ranah Lembaga Keagamaan”

Undangan kegiatan tersebut dapat diunduh melalui link berikut:

Undangan Berbagi Ilmu ke-5, Ukuran: 1.3 MB (Downloaded: 51)

Bapak/Ibu/Saudara dapat mendukung pelayanan LPP Sinode dengan mengirimkan persembahan melalui rekening berikut ini:

Rekening LPP Sinode
Giro BCA a.n. GKI SW Jateng QQ LPP Sinode No. 6975405200
Giro BRI a.n. LPP Sinode no. 0029-01-000409-30-9

QRIS LPP Sinode:

QRIS BCA
QRIS BRI