Tema: “Kemuliaan Manusia Natal”

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa dan Sinode GKI Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Ho ho ho …. Natal hampir tiba… Kiranya kita semua sudah bersiap menyambutnya. Saat ini LPP Sinode GKJ-GKI SW Jateng kembali hadir dan menyapa Ibu Bapak Saudara melalui Buku Masa Adven Natal 2022. Tema Masa Advel Natal tahun 2022 ini adalah “Kemuliaan Manusia Natal.”

Seperti biasanya, di dalam buku ini disajikan bahan-bahan khotbah dengan liturginya, bahan Pemahaman Alkitab (PA), bahan Persekutuan Doa, bahan Sarasehan, dan Bahan Kegiatan Alternatif. Hal khusus dari bahan khotbah dan liturgi adalah bahwa di sini disediakan bahan Khotbah dan liturgi untuk merayakan Epifani (6 Januari) yang kebetulan jatuh pada hari Jumat. Terkait penyelenggaraannya, diberikan kebebasan kepada masing-masing gereja/jemaat.

Adapun bahan PA disajikan dalam bentuk intergenerasional dimana semua usia berkumpul dan dapat berbagi pengalaman iman. Semua usia diterima dengan segala keunikan, aspirasi dan ide-ide kreatifnya. Oleh karena itu semua bahan yang ada di dalam buku ini mesti diolah lagi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing jemaat/gereja.

Adapun bahan Persekutuan Doa disajikan untuk 4 Minggu Adven, 1 bahan untuk Malam Natal Keluarga, dan 1 bahan Malam Tutup Tahun untuk keluarga. Dua bahan terakhir dikhususkan untuk keluarga mengingat keluarga-keluarga berkumpul pada Malam Natal dan Malam Tutup Tahun. Bagi anggota jemaat/warga gereja yang sendirian bisa digabungkan dengan keluarga yang lain atau menyesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Bahan sarasehan disilakan untuk diadakan di suatu waktu dalam rangkaian Masa Adven Natal. Waktu yang mungkin agak longgar misalnya di salah satu hari di Minggu Adven kedua. Sedangkan untuk Kegiatan Alternatif silakan diatur sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing gereja/jemaat.

Buku ini dapat tersaji seperti ini hanya oleh anugerah dan berkat Tuhan bagi kita semua melalui para pelayan Tuhan yang selalu dengan sukacita melayani-Nya. Oleh karena itu perkenankanlah kami mengaturkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan sepelayanan yang telah bekerja bersama mempersiapkan bahan-bahan di dalam buku ini, yaitu kepada yang terkasih:

  1. Pdt. Agus Wijaya (GKI Serpong, Tangerang)
  2. Pdt. Ardi Tulus Ariyanto (GKJ Sarimulyo, Yogyakarta)
  3. Pdt. Damar Kinadi Putra (GKJ Kroya)
  4. Pdt. Didik Yulianto (GKJ Semarang Barat)
  5. Pdt. Elisabeth Simanjuntak (GKJ Gandaria, Jakarta)
  6. Pdt Imanuel Adi Saputro (Bidang PWG Bapelin XXVII GKJ)
  7. Capen Jonathan S.A. Ndruru (DPG GKI SW Jateng)
  8. Pdt. Keshia Hestikahayu Suranta (GKI Coyudan, Sala)
  9. Pdt. Lukas Budi Gunawan (GKJ Salatiga Utara)
  10. Pdt. Sari Haswaraningtyas (GKI Bintaro Utama, Jakarta)
  11. Pdt. Sujanto Putro Waskito Wibowo (GKI Nusukan Sala)

Kiranya bahan-bahan dalam buku ini menjadi persembahan yang harum di hadapan Tuhan dan menjadi berkat bagi umat Tuhan di mana pun berada. Selamat mempersiapkan Masa Adven Natal. Tuhan Yesus memberkati.

Yogyakarta, awal September 2022,

Pelaksana Pembinaan dan Pengaderan LPP Sinode,

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho Pdt. Murtini Hehanussa

Bahan Masa Adven Natal 2022 dapat diunduh melalui link berikut ini:

Bahan Masa Adven Natal 2022_MsWord, Ukuran: 2,6 MB (Downloaded: 140) Bahan Masa Adven Natal 2022_pdf, Ukuran: 2,4 MB (Downloaded: 95)

Pengantar Pengiriman Bahan Masa Adven Natal 2022 dapat diunduh melalui link berikut:

22. Pengantar Penerbitan MAN 2022, Ukuran: 840,3 KB (Downloaded: 32)

Bagi Bapak/Ibu/Saudara yang ingin mendukung pelayanan LPP Sinode, dapat mengirimkan persembahannya melalui rekening berikut ini:

Rekening LPP Sinode
Giro BCA a.n. GKI SW Jateng QQ LPP Sinode No. 6975405200
Giro BRI a.n. LPP Sinode no. 0029-01-000409-30-9

atau scan QRIS berikut ini:

QRIS BCA
QRIS BRI