Judul Buku:   Ecclesia in Transitu

Penyunting:    Meitha Sartika dan Hizkia Anugrah Gunawan          Penerbit:             BPK Gunung Mulia – Jakarta

Tahun Terbit: 2018

Halaman:       xx; 152 halaman

Penelaah:       Wisnu Sapto Nugroho

Pengantar

Pendeta Meitha Sartika adalah dosen yang pernah mengajar saya pada tahun 1996 – 1997 di Fakultas Teologi UKDW Yogyakarta. Mata kuliah yang beliau ampu adalah Pengantar Iman Kristen. Dalam pertemuan tatap muka, beliau selalu mengawali dengan meminta mahasiswa menyampaikan laporan pembacaan buku Iman Kristen karya Pdt. Harun Hadiwiyono secara bergantian. Kami senang dengan cara bu Meitha menjelaskan dan mengajak mahasiswa berefleksi tentang bagaimana hidup beriman pada Allah.

Ecclesia in Transitu yang kita baca ini merupakan buku yang diterbitkan dalam rangka emeritasi Pdt. Meitha sekaligus ucapan syukur menyambut 30 tahun pelayanan beliau sebagai pendeta. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari Pdt. Binsar Pakpahan, Bp. Denni Boy Saragih, Pdt. Joas Adiprasetya, Pdt. Linna Gunawan, Pdt. Nindyo Sasongko, Pdt. Robby I. Chandra, Pdt. Simon Rachmadi, Pdt. Yusak Soleman dan Pdt. Meitha Sartika yang sekaligus menjadi penyunting bersama Sdr. Hizkia Anugrah Gunawan.

Melalui buku ini, saya mengajak kita melakukan kembara intelektual untuk menemukan pesan-pesan yang relevan dalam konteks saat ini.

Kembara Intelektual

Pada dasarnya gereja selalu berada dalam situasi transit (ecclesia in transit). Biasa dikenal juga dengan ungkapan “Gereja yang ada dalam perjalanan” (church in via). Ungkapan lain yang digunakan adalah gereja sebagai komunitas yang senantiasa mengembara (hal. 1). Pdt. Robby Chandra menyebutkan bagaimana gereja sepanjang sejarahnya melangkah dalam berbagai transisi. Sekurang-kuranya, gereja sudah melalui transisi di masa kemunculan kalifah-kalifah Islam, perpecahan di masa Reformasi, revolusi industri, Perang Dunia pertama dan kedua, serta lalu arus globalisasi, merebaknya budaya urban, lingkungan digital, dan perubahan lingkungan alam. Kini, kepelbagian di masyarakat berimbas ke hidup gereja juga dan membawa gereja ke dalam transisi baru (hal. 46).

Materi Telaah Buku Ecclesia in Transitu, Ukuran: 421,0 KB (Downloaded: 18) Ecclesia in Transitu_Makalah, Ukuran: 179,0 KB (Downloaded: 17)