Tema: Mengalir Bersama Roh Kudus

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan
Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa dan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Roh Kudus memberikan daya bagi umat untuk menjalani kehidupan dengan berbagai dinamikanya. Tantangan zaman yang berubah-ubah menuntut keberanian dan kreatifitas umat untuk menjawab tantangan zaman. Berangkat dari pergumulan itu, LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jawa Tengah selaku unit dari dua Sinode mengajak jemaat-jemaat di lingkungan Sinode GKJ dan GKI SW Jateng menghayati gerak Roh Kudus melalui Masa Pentakosta 2020.

Melalui tema “Mengalir Bersama Roh Kudus”, umat diharap merasakan penyegaran yang bersumber dari aliran Roh. Agar kesegaran itu dirasakan, umat diajak membuka hati. Hati yang terbuka menjadikan umat mengalami sabda Allah yang disampaikan melalui peribadatan minggu, persekutuan doa dan kegiatan-kegiatan lain di Masa Pentakosta. 

Buku panduan Masa Pentakosta 2020 ini dapat dibuat berkat kerjasama LPP Sinode dengan Bidang Pembinaan Warga Gereja Bapelsin XXVII GKJ dan Departemen Pembangunan Gereja GKI SW Jateng. Bahan ini juga buah kerja keras dari sahabat-sahabat LPP Sinode di Magelang dan sekitarnya. Atas segala dukungan dan kerjasama yang baik itu kami mengucapkan terimakasih kepada:

  1. Maria Puspitasari (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ)
  2. Rita Dwi Lestari (Departemen PG GKI SW Jateng)
  3. Kristian Yudhi Nugroho (GKJ Plengkung Magelang)
  4. Gledis Yunia Debora Angelita (GKJ Plengkung Magelang)
  5. Pujo Kristanto (GKJ Secang Magelang)
  6. Nunung Trihastomo (GKJ Muntilan)
  7. Chiko Kwit Lim (GKI Pahlawan Magelang)
  8. Eka Setiawan Tejo Kesuma (GKI Pajajaran Magelang)
  9. Kristiani Santoso (GKI Muntilan)
  10. Hamzah Oei (GKI Diponegoro Magelang)

Seperti sebelumnya, di buku ini terdapat 10 bahan Persekutuan Doa. Bahan ini kiranya dapat digunakan untuk menghayati kehidupan umat Allah menantikan Roh Kudus. Maka dari itu, 10 bahan bisa digunakan 10 hari sebelum Pentakosta atau setelah peringatan kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. Mungkin ada jemaat-jemaat yang melakukan persekutuan doa tidak dalam waktu yang berurutan (acak) atau tidak sebanyak 10 kali, dalam hal ini, kami menyerahkan sepenuhnya kepada jemaat setempat.

Kami berharap bahan-bahan yang disajikan pada buku ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh jemaat. Agar pemanfaatan bahan maksimal, tentu saja kejelian jemaat setempat melakukan pengolahan bahan sangat dibutuhkan.

Dari LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jawa Tengah, kami berdoa bagi jemaat-jemaat agar terus menghayati daya pemulihan dan kesatuan Roh Kudus. Dalam doa kami juga berharap supaya kehidupan pribadi, keluarga, jemaat, masyarakat senantiasa dipenuhi damai Allah.

Selamat memasuki dan menghayati Masa Pentakosta. Tuhan memberkati.

Yogyakarta, Pertengahan Februari 2020

Salam dalam kasih Kristus,

PPP LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng,

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Addi Soselia Patriabara

Pdt. Murtini Hehanussa

Bahan Mangsa Pentakosta 2020 (word), Ukuran: 1,0 MB (Downloaded: 505) Bahan Mangsa Pentakosta 2020 (pdf), Ukuran: 1,7 MB (Downloaded: 258) Bahan Masa Pentakosta 2020 (ms word), Ukuran: 1,4 MB (Downloaded: 819) Bahan Masa Pentakosta 2020 (pdf), Ukuran: 1,9 MB (Downloaded: 381)