Tema: “ROH KUDUS BAGI INDONESIA”

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan
Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa dan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Masa Pentakosta akan segera tiba. Persiapan-persiapan mesti dilakukan dengan seksama. Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih, buku ini bisa hadir di hadapan Ibu/Bapak/ Saudara. Kiranya buku ini membantu Ibu/Bapak/Saudara dalam memersiapkan rangkaian acara di Masa Pentakosta ini.

Mempertimbangkan situasi yang terjadi di negara kita dua dasawarsa belakangan ini, LPP Sinode merasa terpanggil untuk bersama-sama memikirkan apa yang mesti dilakukan oleh gereja-gereja yang adalah bagian dari bangsa Indonesia ini. Oleh karena itu, tema masa Pentakosta 2019 ini adalah “Roh Kudus bagi Indonesia”.

Melalui tema tersebut, gereja-gereja/jemaat-jemaat diajak merefleksikan keberadaan dirinya di tengah hiruk pikuknya percaturan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Kehidupan bangsa kita yang diwarnai keberagaman yang sudah ada sejak negara ini berdiri, yang disepakati bersama di dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, saat ini mulai terancam oleh beberapa golongan di negeri ini yang ingin memenangkan ideologi agamanya. Jikalau situasi ini dibiarkan begitu saja dan gereja (orang-orang Kristen) tidak melakukan apa-apa, maka bisa dipastikan, pelan tetapi pasti, dasar negara kita bisa berubah dari Pancasila menjadi ideologi yang lain. Oleh karena itu, persoalan ini bukan persoalan yang sederhana. Perlu ada upaya yang nyata, baik secara institusional maupun personal untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan dasar filosofi kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Terkait dengan hal ini, LPP Sinode dengan tegas ingin menjadi bagian dari komponen bangsa ini yang memperjuangkan tegaknya Pancasila sebagai dasar negara dan filosofi kehidupan bangsa kita. Tema-tema yang ada di dalam bahan-bahan buku ini (khotbah, Persekutuan Doa, PA, Sarasehan dan Kegiatan Alternatif) dengan sengaja selalu dikaitkan dengan bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Pancasilanya. Bahkan di dalam bahan-bahan Persekutuan Doa dengan sengaja mengupas tentang Pancasila. Bahan Persekutuan Doa ini dibuat sebanyak 10 bahan dengan tujuan agar bahan ini direnungkan setiap hari, dimulai dari Hari Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga sampai dengan satu hari sebelum Minggu Pentakosta. Khotbah, bahan PA, sarasehan dan alternatif kegiatan silakan ditata dan diolah sesuai dengan kondisi jemaat setempat.

Atas terwujudnya buku ini, kami sangat berterima kasih kepada rekan-rekan sepelayanan yang telah membantu terciptanya buku ini, yaitu:

  1. Pdt. Tunggul Barkah Gumelar (Departemen Pembangunan Gereja BPMSW GKI SW Jateng / GKI Boyolali)
  2. Pdt. Maria Puspitasari (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ / GKJ Purwokerto)
  3. Pdt. Sundoyo (Pengurus LPP Sinode / GKJ Brayat Kinasih Yogyakarta)
  4. Ibu. Erni Ekawati (Pengurus LPP Sinode / GKI Gejayan)
  5. Bp. Sri Bayu Sela Adji (Direktur Community Development / CD Bethesda, GKJ Dayu)
  6. Pdt. Christiono Riyadi (GKJ Kemadang, Gunungkidul, Yogyakarta)
  7. Obed Kresna Widyapratistha (Mahasiswa UGM Yogyakarta)

Selamat mempersiapkan Masa Pentakosta. Tuhan memberkati.

Yogyakarta, Maret 2019

Salam dari kami,

  • Pdt. Wisnu Sapto Nugroho
  • Pdt. Addi S. Patriabara
  • Pdt. Murtini Hehanussa

Download

Masa Pentakosta 2019 Indonesia (ms word), Ukuran: 2,8 MB (Downloaded: 1.519) Masa Pentakosta 2019 Indonesia (pdf), Ukuran: 1,6 MB (Downloaded: 774) Mangsa Pentakosta Jawa (ms word), Ukuran: 3,4 MB (Downloaded: 699) Mangsa Pentakosta Jawa (pdf), Ukuran: 1,5 MB (Downloaded: 291)