Acara ini akan dilaksanakan pada 16 November 2018

Pukul 10.00 WIB-selesai bertempat di LPP Sinode

Kontribusi Peserta: Rp 150.000

Pendaftaran ditutup tanggal 12 November 2018

 

Kegiatan gereja jika diperhatikan lebih banyak terkait dengan persekutuan dan pembinaan yang berhubungan dengan iman seseorang. Tegasnya, kegiatan di depan altar. Hal itu semakin terlihat dalam penyusunan anggaran program tahunan gereja yang menyedot jumlah yang jauh lebih besar dari kegiatan lain. Padahal gereja dipanggil keluar. Diakonia adalah panggilan gereja. Injil Kerajaan Allah tak hanya diperdengarkan dalam gereja, tetapi juga pada latar, yaitu masyarakat di dunia ini.

Menggumuli hal tersebut, Pdt. Josef Purnama Widyatmadja menuliskan kegelisahan dalam refleksi mendalam lewat buku bertajuk: Altar dan Latar: Spiritualitas dan Diakonia Profetik. Dalam amatan Pdt. Josef, diakonia yang dilakukan gereja, masih sebatas pada diakonia karitatif seperti bantuan uang dan beras untuk orang miskin, biaya kematian dan sebagainya. Program tersebut tidak salah tapi belum lengkap. Hilangnya panggilan diakonia profetik disebabkan gereja sekarang lebih mengutamakan worship dari pada discipleship, mengutamakan confession dari pada vocation dan compassion, mengingat Allah sebagai   pencipta langit dan bumi dari pada Allah sebagai pembebas, mengingat Kristus penebus dosa dari  pada Yesus pelayan dan pembebas wong cilik.

Menggumuli panggilan gereja, LPP Sinode mengajak umat belajar dan merefleksikan panggilannya melalui telaah buku tersebut. Buku itu akan dikupas dengan penanggap   Pdt. Jozef Mepibozef N Hehanussa (F. Teologi UKDW) dan Pdt. Em. Widi Artanto (LPP Sinode)