Tema: “Damai Sejahtera Allah di Bumi Pancasila

Diterbitkan oleh:

Lembaga Pembinaan dan Pengaderan
Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa dan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Tengah

Pengantar

Kekristenan tidak bisa dilepaskan dari keindonesiaan. Kita Kristen, Kita Indonesia. Slogan itu kiranya menjadi penyemangat bagi setiap warga gereja untuk menghayati keberadaan dirinya di negeri Indonesia.

Di tengah hiruk – pikuk bangsa Indonesia, kita turut ada di dalamnya. Kiranya hiruk – pikuk itu tidak membuat kita terlena untuk menjaga hidup bersama dalam rumah bernama Pancasila. Sejak dari bangsa ini merdeka, Pancasila menjadi ideologi pemersatu. Berdasar sejarah itu kita percaya bahwa Pancasila harus dipertahankan. Karena kita Kristen, Kita Indonesia, maka setiap warga gereja dipanggil berperan aktif menjaga dan mengokohkan Pancasila. Upaya untuk mewujudkan hal itu mesti didasari dengan penghayatan iman serta semangat kebangsaan.

Atas dasar semangat itu, LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng mengajak semua warga gereja untuk terlibat menghayati iman Kristen di tengah bangsa Indonesia seraya merayakan Adven – Natal. Untuk itu, LPP Sinode bersama team penulisan bahan ini sepakat mengembangkan tema,”Damai Sejahtera Allah di Bumi Pancasila” yang disimbolkan dengan gambar Garuda Pancasila dan Christmast Wreath (simbol kasih yang abadi). Simbol ini mengingatkan kita untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dengan semangat kasih. Tema ini menjadi hidup bila semua warga gereja mau mengembangkannya dalam ibadah Minggu, Pemahaman Alkitab, Persekutuan Doa, PA intergenerasional, pembinaan komisi-komisi. Kami mempersilakan warga gereja mengembangkan sesuai konteks masing-masing dengan kreatifitas dan sumber daya masing-masing gereja.

Atas kerja keras dari team, LPP Sinode mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kerja keras team mulai dari dialog bersama di GKI Beringin Semarang hingga terbitnya buku ini. Ucapan terimakasih kami ucapkan pada:

  1. Majelis Jemaat GKI Beringin Semarang yang memfasilitasi sarana-prasarana bagi team dalam berdialog.
  2. Pdt. Maria Puspitasari (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ)
  3. Pdt. Yonatan Wijayanto (Departemen PG GKI SW Jateng)
  4. Pdt. Bonnie Andreas (Departemen PG GKI SW Jateng)
  5. Pdt. Windu Prihatmoko Hadisasono, GKJ Kertanegara Semarang dan pengurus LPP Sinode
  6. Pdt. Bambang Irianto, GKJ Semarang Barat
  7. Pdt. Teguh Prasetyo Adi, GKJ Wisma Panunggal Mrican
  8. Pdt. Nicolaus Satriyo Nugroho, GKJ Kabluk Semarang
  9. Pdt. NL. Utomo, GKI Karangsaru Semarang
  10. Pdt. Jerdi Stevan, GKI Peterongan Semarang
  11. Pdt. Daniel Budiyono, GKI Beringin Semarang
  12. Pdt. Vania Natasha, GKI Blora

Melalui Masa Adven – Natal ini, kami berharap penghayatan iman warga gereja semakin bertumbuh dan menjadi berkat bagi Indonesia. Semoga bahan ini menolong kita semua untuk menghadirkan semangat Natal di tempat kita masing-masing.

Download

Bahan Masa Adven Natal 2018 Ms Word (fix) Indonesia, Ukuran: 6,0 MB (Downloaded: 896) Bahan Masa Adven Natal 2018 pdf (fix) Indonesia, Ukuran: 3,6 MB (Downloaded: 415) Masa Adven Natal 2018 Ms Word (fix) Jawa, Ukuran: 3,0 MB (Downloaded: 517) Masa Adven Natal 2018 pdf (fix) Jawa, Ukuran: 2,3 MB (Downloaded: 331)