Home » buku » tetaplah hidup jujur

Apa ya tema Bulan Keluarga yang relevan? Pertanyaan semacam itu ternyata tidak mudah dijawab. Setidaknya dalam diskusi kami — para penulis bahan Bulan Keluarga 2012 – pada rapat perdana pertengahan Maret di Salatiga. Tidak mudah, karena tema Bulan Keluarga kerap kali hanya itu-itu saja. Tentu dikemas dengan Bahasa yang berbeda-beda. Isinya, ya kurang lebih sama. Di tengah percakapan itu, muncul ide yang membuat tema Bulan Keluarga 2012 ini agak berbeda. Berbeda karena tema kali ini bernada perintah. Bukan anjuran, bukan slogan, bukan harapan. Temanya adalah: TETAPLAH HIDUP JUJUR!

Nada perintah tak hanya pada kalimatnya tetapi juga pada “kata sera,” yang sempat juga menjadi bahan diskusi Melalui tema ini, dorongan kami adalah kejujuran bukan lagi sebuah wacana, melainkan tindakan nyata.

Untuk diskusi yang hangat dan menarik ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan di Salatiga dan sekitarnya. Semangat diskusi yang efektif membuat rapat berlangsung cepat dan tepat. Terimakasih juga kepada Pdt. Yoel dan Pdt. Agus Yusak, Bidang Pembinaan Bapelsin XXV GKJ Sinode GKJ, yang setia mendampingi dan menjalin kerjasama dengan LPP Sinode. Pula untuk rekan sekerja bare yang diutus oleh Sinode GKJ untuk LPP Sinode, yaitu. Pdt. Murtini.

Sekalipun bahan Bulan Keluarga ini kerja bersama, tetaplah tanggungjawab akhir ada di pundak kami, PPP LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng. Demi perbaikan karya-layan kami di lembaga ini, segala kritik-saran-usulan amat kami butuhkan.

Harapan kami, bahan ini tak digunakan mentah-mentah tapi dimodifikasi dan disesuaikan dengan konteks jemaat setempat. Dengan demikian bahan Bulan Keluarga ini lebih “berbunyi.”

Atas kerjasama dalam penyusunan bahan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada:

  1. Yoel M. Indrasmoro (Bidang Pembinaan Bapelsin XXV GKJ)
  2. Agus Yusak (Bidang Pembinaan Bapelsin XXV GKJ)
  3. Iman Santoso (GKI Salatiga)
  4. Yefta Setiawan Krisgunadi (GKI Salatiga)
  5. Sony Kristiantoro (GM Soka Salatiga)
  6. Eben Haezer Lalenoh (GM Sidomukti Salatiga)
  7. Prasetyawan Kusworo (GKJ Salatiga Selatan)
  8. Wiji Astuti (GM Salatiga)
  9. Murtini (GKJ Jatimulyo Yogyakarta)

Terimakasih juga untuk Pdt. Tanto Kristiono (GM Margoyudan Solo) dan Pdt. Erni Ratna Yunita (GKJ Tengahan Kebumen) yang diminta untuk membantu menuliskan bahan.

Kiranya Bulan Keluarga 2012 ini menghasilkan hal berbeda. Hingga umat Tuhan menjadi “examplary community” (komunitas percontohan) di tengah-tengah dunia yang tidak jujur ini. Tuhan memberkati.

Yogyakarta, akhir April 2012 PPP-LPP Sinode GM dan GM Jateng:

  • Pdt. Darsono Eko Noegroho
  • Pdt. Wisnu Sapto Nugroho
  • Pdt. Addi Soselia Patriabara