Home » buku » sekitar tata ibadah bagi remaja

Buku 7 dari Seri Pembinaan Remaja yang diberi judul “Sekitar Tata Ibadah Bagi Remaja” ini untuk melengkapi buku Pedoman Pembinaan Remaja yang telah terbit sebe­lumnya. Disebut “seri” sebab memang diterbitkan secara berkesinambungan.

Melalui buku ini para Remaja diajak untuk memahami dan menghayati Tata Ibadah sebagai suatu bentuk persekutuan untuk memelihara hubungan dengan Tuhan dan sesama, sekaligus untuk merefleksikan iman melalui ibadah.

Dalam ibadah remaja diperlukan Tata Ibadah yang sesuai dengan jiwa dan suasana remaja; dinamis dan menum­buhkan semangat; diwarnai dengan sukaria dan gerak tubuh; dilengkapi dengan alat-alat musik yang meriah untuk mengiringi nyanyian-nyanyian. Namun demikian, perlu diperhatikan adanya keseimbangan antara gerak tubuh, suara alat musik, dan syair lagu sehingga kata­-kata dalam lagu-lagu tersebut dapat dipahami dan diha­yati.

Oleh karena itu, di dalam buku ini dicantumkan pula beberapa contoh model Tata lbadah Kreatif yang sesuai dengan jiwa dan suasana remaja. Untuk mempergunakannya, diperlukan pertimbangan-pertimbangan yang perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-ma­sing jemaat.

lbadah sebagai sarana perjumpaan antara manusia dengan Tuhan dan dengan sesamanya harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai bentuk pelayanan yang konkret. Bagaimana pun indah dan rapinya Tata Ibadah itu disusun dan dijalani unsur demi unsur, akhir­nya tidak akan bermanfaat apabila berlalu begitu saja tanpa bekas seusai ibadah. Ibadah yang terjadi secara liturgis harus dilanjutkan dalam hidup sehari-hari, karena kehidupan kita ini adalah ibadah kita kepada Tuhan. Dituntut usaha yang sungguh-sungguh untuk mewujud­kannya.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Minat Remaja, Deputat PWG Sinode XXI GKJ, Departe­men Pembinaan BPMS GKI Jateng, dan para peserta Lokakarya Penyusunan Bahan Pembinaan Remaja yang telah memberi masukan guna penyusunan Buku Seri Pembinaan Remaja ini.

Kiranya buku ini bermanfaat bagi jemaat-jemaat. Tanggapan bagi kesempurnaan buku ini kami nantikan.

Yogyakarta, Desember 1998

 

Pelaksana Pembinaan dan Pengaderan LPPP Sinode GKJ dan GKI Jateng

Pdt. Drs. Sulendra PA., M.Si.

Pdt. Widi Artanto, M.Th.

Pdt. Widdwissoeli M.S., S. Th.

Pdt. Darsono Eko Noegroho, M.Th.