Home » buku » roh kudus pembangun jemaat

Reuni pasti menyenangkan. Pertemuan sahabat yang lama tak berjumpa membuat hidup terasa indah. Itulah yang terjadi dalam pertemuan kerja penyusunan bahan masa pentakosta 2012. Para pendeta emeritus dari Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode GKJ-GKI SW Jateng berkumpul kembali di LPPS guna menyusun bahan-bahan masa Pentakosta 2012. Pdt. Em. Widdwissoeli M. Saleh masih tampak segar. Gagasan-gagasannya mak nyus… Pdt. Em. Sulendra Parto Atmodjo dengan senyumnya yang sumringah menyampaikan ide-ide yang menarik dalam rapat penyusunan bahan. Demikian juga dengan Pdt. Em. Widi Artanto. Beliau sangat antusias berdiskusi dan menuliskan ide-idenya dalam tulisan yang indah untuk disimak.

Penyusunan bahan Masa Pentakosta 2012 ini memang sengaja dilakukan oleh Pendeta Pelayan Pengaderan (PPP) LPP Sinode GKJ-GKI SW Jateng bersama para PPP yang sudah emeritus beserta Bidang Pembinaan Bapelsin XXV GKJ Sinode GKJ dan DP BPMS GM SW Jateng. Hadir pula kawan sekerja yang rencananya akan diutus oleh Sinode GKJ untuk LPPS yaitu Pdt. Murtini. Beliau turut menyumbangkan ide bersama suaminya, Pdt. Josef Hehanusa yang sehari-hari melayani sebagai dosen di Fakultas Teologi UKDW.

Hasil diskusi dari team kerja ini melahirkan buku panduan masa pentakosta 2012 dengan tema: Roh Kudus: Pembangun Jemaat. Tema ini dilatarbelakangi oleh semangat sinode GM dan GKJ melakukan pembangunan jemaat. Tema itu dijabarkan dalam bentuk bahan dasar, rancangan kotbah dan liturgi, bahan pemahaman Alkitab, bahan anak, remaja, persekutuan doa, bahan sarasehan dan anjuran kegiatan. Pada bahan persekutuan doa kali ini terdapat 10 bahan pemahaman doa. Hal itu berbeda dengan bahan persekutuan doa pada tahun­-tahun sebelumnya yang hanya 6 bahan. Mengapa menjadi 10?

Hal itu didasari pada masukan dari beberapa jemaat yang mengadakan persekutuan doa 10 hari menjelang Pentakosta. Oleh karena itu bagi jemaat-jemaat yang terbiasa hanya melakukan persekutuan doa sepekan (6 hari), kiranya bahan-­bahan itu bisa dipilih sesuai kebutuhan selama sepekan.

Atas kerjasama dalam penyusunan bahan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada:

  1. Yoel M. Indrasmoro [Bidang Pembinaan Bapelsin XXV GKJ]
  2. Hengky Christian [Departemen Pembinaan BPMSW GM SW Jateng]
  3. Em. Widdwissoeli M. Saleh
  4. Em. Sulendra Parto Atmojo
  5. Em. Widi Artanto
  6. Murtini
  7. Josef MN Hehanusa

Demikian juga bagi jemaat-jemaat yang menggunakan bahan ini, kami ucapkan selamat menggumulkan bahan-bahan yang ada dalam pelayanan jemaat. Tuhan memberkati pelayanan kitabersama.

Yogyakarta, Maret 2012

PPP-LPP Sinode GKJ dan GM Jateng:

  • Darsono Eko Noegroho
  • Addi Soselia Patriabara
  • Wisnu Sapto Nugroho