Home » Uncategorized » Orang-Orang Seperti Saya

Baca: 1 Korintus 6:9-11 Beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus. —1 Korintus 6:11 Bacaan Untuk Setahun: 2 Raja-Raja 1–3 Lukas 24:1-35 Beberapa tahun yang lalu dalam sebuah kebaktian, Pendeta Ray Stedman naik ke mimbar dan membacakan bagian Alkitab yang menjadi dasar khotbahnya hari itu: “Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah, dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu” (1Kor. 6:9-11). Lalu ia memandang kepada jemaat, dan dengan senyum yang tersungging di wajahnya, ia berkata, “Saya penasaran: Berapa banyak di antara Anda yang memiliki salah satu atau lebih dari dosa itu dalam hidup Anda di masa lalu? Jikalau ada, bolehkah Anda berdiri?” Ada seorang pemuda yang sama sekali belum pernah beribadah di gereja. Beberapa waktu sebelumnya ia telah bertobat dalam kebaktian kebangunan rohani yang dilayani oleh Billy Graham. Pada hari Minggu itulah, pertama kalinya ia beribadah di gereja. Ia merasa gentar dan tidak yakin pada yang akan ia alaminya. Ia mengatakan kepada saya bahwa ketika mendengar pertanyaan pendeta itu, ia menengok sekeliling- nya untuk melihat apakah ada jemaat yang mau berdiri.

Awalnya tidak ada seorang pun yang beranjak, tetapi sesaat kemudian banyak jemaat yang berdiri. Ia pun berpikir, “Mereka semua juga seperti saya!” Kita semua dapat melihat diri kita masuk dalam daftar yang dibuat Paulus di 1 Korintus. Namun ketika kita mengakui dosa-dosa kita dan menerima karunia hidup kekal yang telah lunas dibayar lewat kematian Yesus, kita pun menjadi ciptaan baru yang diselamatkan karena kasih karunia (Rm. 6:23; 2Kor. 5:17). Dijamah, ‘ku dijamah! Meluap sukacitaku! Tuhan Yesus menjamahku; Diriku ciptaan baru. ––Gaither (Pelengkap Kidung Jemaat, No. 199) Tiada yang kuandalkan dalam diriku, aku berpegang hanya pada salib-Mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>