Home » buku » Identitas Keluarga

Sebuah pertanyaan ditanyakan oleh seorang artis Hollywood yang tidak menganggap keluarga adalah sebuah peradaban kuno. Pertanyaannya adalah:”Apakah keluarga masih relevan untuk manusia di jaman modern ini?” Pertanyaan itu muncul beberapa hari sebelum penyusunan bahan Bulan Keluarga (BK) 2011 dan jika dicermati, pertanyaan itu juga sebuah pernyataan bahwa di jaman ini ternyata muncul pandangan dari beberapa orang atau kalangan bahwa keluarga tidak dibutuhkan lagi keberadaannya. Tentu saja kita boleh sinis dengan pandangan artis itu, tetapi apalah arti kesinisan kita jika tidak ada upaya yang baik untuk membentuk keluarga yang baik. Melalui Bulan Keluarga inilah kita diajak untuk merenungkan hal ini. Pelbagai alasan mengapa merenungkan kehidupan keluarga dengan berbagai pergumulannya akan kita temukan bersama melalui penggalian makna di balik tema: “Menghidupi Indentitas Keluarga”.

Supaya bahan ini menjadi maksimal, maka gereja/jemaat setempat, sebaiknya mempelajari dan mempergumulkan bersama materi bahan dasar serta bahan-bahan lainnya agar dalam pelaksanaannya menjadi tepat bagi gereja/jemaat setempat. Di sini kami juga menyampaikan bahwa buku ini bukan bahan jadi yang selalu pas dipakai di semua gereja/jemaat setempat. Oleh karena itu dengan mempelajari dan mempergumulkannya diharapkan gereja/jemaat setempat mengupayakan penyempurnaan bahan yang sesuai dengan konteks setempat.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapelsin XXV Bidang PEJ dan PWG yang telah menyusun tema kegiatan Bulan Keluarga ini. Demikian juga kami mengucapkan terimakasih kepada Saudara-saudari yang terlibat dalam penyusunan buku Bulan Keluarga (BK) ini. Dalam penyusunan buku ini, kami telah dibantu oleh:

Pdt. Nani Minarni (GKJ Wonogiri Utara)
Pdt. Idi Bangun Mulyono (GKJ Sukoharjo)
Pdt. Dyan Sunu Prakoso (GKJ Baturetno)
Pdt. Reni Woro Sulistyo (GKJ Nguter)
Pdt. Lukas Prihantoko (GKJ Baki)
Pdt. Retno Ratih S Handayani (GKJ Manahan)
Pdt. Markus Firmanto Aji (GKI Wonogiri)
Pnt. CL Sutrisno (GKI Kabangan Sala)
Pnt. Rilantono Hangladeni (GKI Boyolali)
Pdt. Bambang Pujiyanto (Team GKJ PEJ Sinode GKJ)

Kami berharap, buku ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan pelaksanaan Bulan Keluarga dan kiranya nama Tuhan dipermuliakan melalui pelaksanaan Bulan Keluarga di Iingkungan Gereja-Gereja Kristen Jawa dan GKI SW Jateng. Tuhan memberkati.

Yogyakarta, Medio Mei 2011

PPP-LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng:

Pdt. Darsono Eko Noegroho

Pdt. Addi Soselia Patriabara

Pdt. Widi Artanto

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho