Home » buletin » Buletin LPPS-Pemahaman dan Penghayatan Gereja Terhadap Kemerdekaan Bangsa

Buletin LPPS-Pemahaman dan Penghayatan Gereja Terhadap Kemerdekaan BangsaKATA PENGANTAR

Dalam rangka ikut menyambut Indonesia Emas, Lembaga Pembinaan dan Pengaderan Sinode GKJ dan GKI Jateng menyelenggarakan Seminar Sehari pada tanggal 18 Agustus 1995 yang lalu, dengan tema:

“PEMAHAMAN DAN PENGHAYATAN
GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA DAN
GEREJA KRISTEN INDONESIA JAWA TENGAH
TERHADAP KEMERDEKAAN BANGSANYA”

Dalam seminar tersebut Pdt. Em. DR. C.H. Koetsier dan Ibu Tineke Korvinus menyampaikan topik: “Penghayatan dan Sikap GKN Dulu dan Kini Terhadap Kemerdekaan Republik Indonesia”. Sedang pembahasan topik “Penghayatan dan Sikap Gereja Indonesia, khususnya GKJ dan GKI Jateng terhadap Kemerdekaan Bangsanya” di wujudkan dengan diskusi panel. Sorotan dari perspektif Sosial Politis disajikan Drs. Warsito Utomo, SU.; sorotan perspektif Historis – Theologis oleh Pdt. Broto Semedi Wirjotenojo, STh_ dan perspektif Eklesiologis – Oikumenis dibawakan oleh Pdt DR. John Titaley.

Mengingat pentingnya pokok-pokok pembahasan dalam seminar itu dan agar apa yang sudah dibicarakan “tidak hilang”, maka LPPS menerbitkannya ke dalam Buletin LPPS nomor 14. Kiranya dengan diterbitkannya Buletin LPPS nomor 14 ini, apa yang dibicarakan dalam Seminar Sehari itu tidak hanya dinikmati oleh para peserta, melainkan dapat dihayati oleh pembaca yang waktu itu tidak berkesempatan hadir.

Selamat berkarva

Xedaksi