Home » buletin » Buletin LPP Sinode-Ketika Tetangga Dilanda Bencana Kebebasan Beribadat dan Pluralisme Agama di Indonesia

Buletin LPP Sinode-Ketika Tetangga Dilanda Bencana Kebebasan Beribadat dan Pluralisme Agama di IndonesiaSetelah beberapa waktu Buletin LPP Sinode dapat terbit, di penghujung tahun 2005 ini Buletin LPP Sinode hadir lagi di hadapan pembaca.

Buletin kali ini hadir dengan 2 (dua) tema, yaitu “Ketika Tetangga Dilanda Bencana” dan “Kebebasan Beribadat dan Pluralitas Agama di Indonesia”. Dua tema tersebut merupakan tema pertemuan studi yang diselenggarakan oleh LPP Sinode dalam rangka menanggapi persoalan aktual yang menonjol terjadi di penghujung tahun 2004 dan tahun 2005. Meskipun tema tema tersebut telah distudi dengan melibatkan pendeta dan anggotajemaat GKJ — GKI SW Jateng di sekitar Yogyakarta, materi studi itu kami muat dalam buletin ini agar dapat digumuli oleh lebih banyak orang, tidak hanya peserta pertemuan studi.

Bahan studi lainnya yang juga dimuat dalam buletin ini adalah bahan studi yang membahas buku “Menggugat Arogansi Kekristenan” karangan Paul F. Knitter, disiapkan oleh Pdt. Sulendra PA.. Buku yang merupakan buah pemikiran dan pergumulan teologis penulis secara jujur dan sungguh-sungguh ini membahas apa yang perlu dipertimbangkan oleh umat kristiani dalam mempergumulkan orang-orang yang menderita, yaitu bahwa dalam mempergumulkan orang-orang yang menderita, umat kristiani tidak boleh menutup mata dan perlu mempertimbangkan orang-orang yang berkepercayaan lain secara serius. Kiranya bahan studi ini dapat memparkaya pemahaman iman pembaca.

Selanjutnya, bahan PA yang bertema “Allah Mengasihi Semua Orang” yang ditulis oleh Pdt. Widi Artanto yang disajikan dalam buletin ini, kiranya dapat menolong pembaca dalam memperkaya pemahaman iman Kristiani yang terbuka terhadap keanekaragaman agama clan etnis.

Akhirnya, informasi dari LPP Sinode tentang kegiatan LPP Sinode tahun 2005 danAgenda kegiatan Pelatihan dan Semiloka Tahun 2006, mengakhiri buletin nomor ini. Pencantuman agenda Pelatihan dan Semiloka tahun 2006 dikandung maksud agar pembaca dapat mempertimbangkan, kegiatan pelatihan dan semiloka mana yang sesuai kebutuhan jemaat dan yang ingin diikuti.

Selamat Natal dan selamat membaca!

Yogyakarta, Desember 2005

Redaktur Pelaksana